- -

Chairil telah mencengkeramkan pengaruhnya di dunia pendidikan melalui puisi-puisi dan esai-esainya. Chairil menjadikan anak-anak sekolah senang berpuisi, mencintai puisi dan sastra, bahkan mencintai Indonesia. Hasil karya Chairil dapat memperkaya bahasa Indonesia. Lewat karyanya pula, ia membangkitkan semanngat kebangsaan.
Dalam perjalanan hidupnya yang pendek (26 Juli 1922-28 April 1949), Chairil berhaisl menanamkan pohon kreativitas yang hingga kini masih terus berkembang dan berbuah. Pohon kreativitas berupa sejumlah puisi dan esai-esainya. Hal itu dikarenakan Chairil Anwar sendiri menanamkannya sebagai sikap hisup yang diperlihatkan dalam wujud perbuatan.
Hampir semua buah karya Chairil Anwar seperti merepresentasikan sikap hidup, gagasan, dan perbuatannya. Sikap hidup Chairil Anwar paling banyak disoroti para pengamat sastra. Sikap hidup Chairil yaitu hasrat mencipta yang didasari semangat kebebasan, tanpa sekatisme, konvensi, dan segala bentuk pemasungan kreatif.
Gagasan Chairil Anwar sangat inspiratif. Gagasan itu diwujudkan dalam bentuk puisi maupun esai yang menegaskan sikap hidup dan pandangannya tentang kesusastraan dan kebudayaan Indonesia. Gagasan tersebut tidak hanya memengaruhi teman-teman sesama sastrawan, tetapi memngaruhi pula para seniman di bidang lain.

Leave a Reply